7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara

Berikut daftar hidangan khas Sumatera Utara yang harus Anda coba!

1. Dekke Na Niura

Bahan utama ikan mas ini awalnya hanya dimasak selama acara-acara tradisional karena sejarahnya juga na niura, dulu makanan untuk raja-raja suku Batak, tetapi sekarang semua orang bisa merasakannya. Proses membuat hidangan ini cukup sederhana, yaitu, dengan hanya menggunakan bumbu dan asam untuk ikan yang telah dibersihkan, ini agak aneh tetapi memiliki rasa yang lezat dan menarik.

2. Arsik

Sepintas terlihat mirip dengan Na Niura tetapi berbeda, juga dibuat dengan ikan merah dan menambahkan rempah-rempah khusus di wilayah Tapanuli. Perbedaan antara arsenik dan na niura ini terletak pada proses pembuatannya, setelah ikan dicampur dengan bumbu lain dan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan air, kemudian menunggu air mengering dan bumbu meresap dan sehingga dapat dimakan.

Cita rasa khas rempah-rempah itu membuat kita ingin terus menikmati masakan ini.

3. Kue Ombus-Ombus

Ombus-ombus adalah makanan penutup khas sebuah kota kecil di utara Sumatera yang disebut Siborong-Borong, kue ini sering ditemukan ketika ada pesta tradisional seperti makan dengan kopi. Kue ini dibuat dengan tepung beras dicampur dengan gula merah dan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus sampai matang, kue ini sangat enak apalagi jika dikonsumsi saat masih panas itu membuat rasa khas kue ini begitu terasa.

4. Bika Ambon

Untuk alasan ini, hidangan mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena sudah dikenal di seluruh Indonesia. Bika Ambon memiliki bentuk yang unik sehingga menambah daya tarik dan keingintahuan Anda ketika Anda melihatnya untuk pertama kalinya.

Jika Anda belum pernah makan makanan ini, yang terbaik adalah ketika Anda mengunjungi Sumatera Utara, terutama kota Medan, segera membelinya, ini juga dapat digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

5. Lappet

Sama seperti Ombus-ombus, Lappet juga merupakan kue tradisional Sumatera Utara dan bahan untuk membuatnya juga mirip dengan tepung beras, kelapa dan gula merah dan kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang. Perbedaannya hanya dalam bentuk karena campuran saat menyiapkan Lappet hanya menggunakan santan.

Lappet juga sangat cocok sebagai cemilan saat minum kopi bersama keluarga, selain itu kue ini juga memiliki beragam rasa, lho.

6. Mie Gomak

Bagi orang-orang Sumatra utara, Mie Gomak mungkin tidak cocok untuk mereka karena mie tradisional ini dijual di restoran-restoran di Sumatra utara. Proses mempersiapkan mie pada ini cukup sederhana, yaitu hanya mencampur mie spageti yang telah direbus dengan spesialisasi daerah yang membuat rasa ini berbeda. Anda harus langsung merasakan bagaimana rasanya dengan mie Batak ini, jadi saya tidak ingin tahu

7. Dali Ni Horbo

Makanan ini benar-benar unik karena menggunakan bahan utama susu kerbau beku. Proses memasak hampir sama dengan Arsik, mencampur susu yang telah dibekukan dengan rempah-rempah khas daerah Sumatera Utara dan salah satunya adalah Andaliman.

Jika sekarang Anda bepergian ke daerah Sumatera Utara, Anda harus mencoba makanan unik ini tanpa kehilangan.

Jadi dapur mana yang ingin Anda coba dulu?

Sumber: Trifaris.net

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*