7 Makanan Khas Papua

Papua, pulau di Indonesia Timur memiliki pesona, eksotisme budaya dan pemandangannya tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya. Demikian juga, dari sudut pandang kuliner, sebenarnya ada banyak makanan khas Papua yang jarang kita ketahui sejauh ini, tetapi yang memiliki rasa super lezat. Coba lihat daftar Shopback kali ini, jangan mengakui bahwa Anda mencintai Indonesia jika Anda belum mencoba semua makanan ini!

Kue Lontar

Orang yang paling terkenal sebagai salah satu spesialisasi Papua adalah kue kelapa. Jangan kaget jika bentuknya mirip dengan milk cake atau cheesetart yang hitsnya sekarang. Papua telah membuat bentuk-bentuk ini dengan sediaan susu dan gula.

Ikan Bakar Manokwari

Satu-satunya nama adalah Ikan Bakar Manokawari, jelas makanan khas Manokwari, Papua, Anda pasti langsung merasakan sensasinya. Menu ini biasanya ditemukan di warung makan atau di restoran di sepanjang jalan, di mana rasa tuna diberikan dengan saus pedas Papua. Makan bersama nasi putih panas akan menyenangkan!

Ikan Bungkus

Wow, jika Anda makan bungkus ikan khas Papua, Anda pasti akan ditaklukkan! Ikan ini disajikan dengan bumbu yang sangat kaya bumbu, sehingga sangat harum dan lezat. Proses pembuatannya cukup lama karena dibakar dengan api kecil sehingga semua bumbu menembus daging.

Sagu Lempeng

Lempeng Sagu adalah kue yang sangat umum ditemukan di daratan Papua, Anda bahkan dapat menemukannya di setiap sisi kota. Penduduk setempat biasanya menghargainya dengan secangkir teh panas atau kopi sambil bersantai di sore hari. Tetapi jangan heran jika gigitan pertama Anda tampaknya sangat sulit, karena itulah yang menjadi ciri khas hidangan Sagu!

Papeda

Siapa yang tidak kenal Papeda? Makanan ini sangat populer di kalangan penduduk lokal dan membuat wisatawan penasaran dengan penampilannya yang kental dan unik. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu, jadi tidak mengherankan jika konsistensinya kental. Selain cara memakannya dengan menggulung makanan menggunakan gata-gata (terbuat dari bambu), hidangan ini siap disantap. Jangan khawatir, ramuannya bagus untuk kesehatan Anda, lho!

Udang Selingkuh

Mereka yang mengatakan bahwa hanya manusia yang bisa berbuat curang, tampaknya udang juga bisa melakukannya! Di Papua Barat, udang besar seperti kepiting dimasak untuk disebut udang Selingkuh. Ini karena bentuk cakar yang menyerupai kepiting, sehingga disebut selingkuh dari identitasnya. Menarik untuk dicoba, di sini!


Sate Ulat Sagu

Nah inilah salah satu makanan yang memukau wisatawan. Berani mencoba Caterpillar Sago saat bepergian ke Papua? Namun demikian, rahimnya sangat sehat, Anda tahu! Makanan ini dapat meningkatkan energi dengan kadar kolesterol rendah. Rasa dari sate ulat sagu konon memiliki rasa manis dan asin, dan dengan konsistensi yang tidak perlu ditanyakan lagi. Sangat kenyal!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*